Monday, May 28, 2012

Hakikat Konsep Administrasi

secara etimologis istilah administrasi berasal dari bahasa inggris dari kata administration yang bentuk infinitifnya adalah to administer. dalam Qxford Advanced Learner's Dictionary of Current English (1974), kata to administer diartikan sebagai to manage (mengelola) atau direct (menggerakkan). kata administrator juga dapat berasal dari bahasa belanda dari kata administraite yang mempunyai pengertian yang mencakup stelselmatige vekrijging en verwerking van gegeven (tata usaha), bestuur (manajemen dari kegiatan-kegiatan organisasi),dan bheer (manajemen dari sumber daya,seperti finansial,personel,gudang). istilah pengertian dan hakikat administrasi di indonesia pada mulanya berasal dari eropa barat atau eropa konstinental melalui penjajahan belanda. eropa barat seperti hal yang sama juga di jerman,prancis,italia,memperolehnya dari bangsa romawi. di zaman romawi terdapat banyak istilah yang berhubungan dengan administrasi, antara lain.

  • administer = pembantu,abdi,kaki tangan,penganut.
  • administratio= pemberian bantuan,pemeliharaan,perlakuan,pelaksanaan,pimpinan.
  • administro=membantu,mengabdi,memelihara,menguruskan,memimpin.
  • administrator=pengurus,pengelola,pemimpin.
Administrasi dalam arti sempit merupakan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain. data dan informasi yang dimaksud hubungan dengan aktifitas organisasi, baik untuk kepentingan intern disebut ekstern. administrasi dalam arti sempit lebih tepat disebut tata usaha (office work). tatauasaha pada akhirnya merupakan pekerjaan pengendalian informasi (prajudi Atmosudirjo,1980).
kegiatan adminitrasi meliputi pekerjaan tatausaha yang bersifat mencatat segala sesuatu yang terjadi dalam organisasi untuk menjadi bahan keterangan bagi pimpinan (J.Wajong,1962).
Administrasi dalam ari Luas,dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi atau keberuntungan masyarakat yang mau tidak mau harus berhubungan dengan urusan-urusan kantor dewasa ini, maka istilah administrasi sudah populer dikenal. hakikat dan arti administrasi sesungguhnya angat luas seperti yang dikembangkan oleh para pelopor teori administrasi seperti Henry Fayol. sesungguhnya administrasi berhubungan dengan kegiatan kerjasama yang dilakukan manusia atau sekelompok orang sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. maka administrasi dalam arti luas adalah segenap rangkaian kegiatan penetapan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerjasama mencapai tujuan tertentu.

No comments:

Post a Comment