Surat Lamaran
Pekerjaan
Surat lamaran
pekerjaan ialah surat yang isinya menyatakan memerlukan atau meminta pekerjaan
dari pihak lain. Biasanya, yang demikian cukup disebut surat lamaran. Surat
lamaran dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pembuka, bagian isi dan uraian,
dan bagian penutup.
- Pembuka
Isinya menyebutkan sumber informasi dari mana pelamar
mengetahui adanya lowongan pekerjaan itu. Kemudian, lowongan apa yang dilamar
dan menerangkan bahwa diri pelamar memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang
diinginkan perusahaan.
- Isi atau uraian
Isinya berupa uraian bahwa pelamar telah memenuhi
persyaratan yang diminta dan telah memenuhinya. Selain itu, juga menyebutkan
keterangan mengenai usia, pengalaman, keterampilan, dan informasi lainnya yang
menunjang posisi yang diinginkan.
- Penutup
Kalimat penutup yang berisi harapan pelamar mengenai proses
selanjutnya, yang disertai ucapan terima kasih.
Idealnya membutuhkan
waktu sekitar 15 menit untuk membuat surat lamaran yang efektif. Namun, sebelum
mulai menulis surat lamaran, ada baiknya memerhatikan kaidah, etika, dan cara
penulisan yang tepat. Menulis surat lamaran perlu memerhatikan tatanan bahasa agar
mudah dimengerti. Untuk itu, pergunakanlah Bahasa Indonesia yang baik dan
benar. Tulislah lamaran dengan kalimat yang tidak terlalu panjang, singkat dan
efisien, jelas, dan sopan. Surat lamaran tidak perlu memuat keterangan panjang
lebar karena nantinya akan dilampiri dengan daftar riwayat hidup. Cantumkan
alamat sejelas mungkin agar memudahkan perusahaan atau instansi menghubungi
untuk keperluan proses seleksi berikutnya. Gunakanlah model penulisan yang
paling praktis.
Beberapa catatan penting dalam menulis surat lamaran agar terlihat sopan dan formal sebagai berikut.
1.
Antara nama kota atau tanggal dengan alamat
tujuan dikosongkan satu baris jika menggunakan folio bergaris.
2.
Antara alamat tujuan dengan kata “Dengan Hormat”
dikosongkan satu baris jika menggunakan tulisan tangan atau 4 spasi jika
diketik.
3.
Antara kalimat “Dengan Hormat” dengan pembukaan
surat dikosongkan satu baris atau dua spasi bila diketik.
4.
Penulisan paragraf dengan paragraf berikutnya
tidak perlu dikosongkan.
5.
Penulisan kata “Hormat Saya” dalam penutup surat
lamaran berjarak dua baris dari kalimat penutup.
6.
Penulisan kata “lampiran” berjarak tiga baris ke
bawah dari kalimat penutup surat.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran yang baik.
1.
Impresif: Tampilkan jati diri kita secara
menarik. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu
arogan, dan juga tidak terlalu merendah.
2.
Menarik minat calon atasan: Kesan pertama sangat
penting. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya
akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah diri kita.
3.
Menyebutkan kualifikasi yang diraih: Prestasi
kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa
kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut sipertimbangkan.
4.
Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas,
dan padat: Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Kita mempunyai kesempatan
untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Saat ini, buatlah
penjelasan yang singkat, tetapi efektif.
5.
Kalimat yang efektif: Hindari kalimat yang tidak
efektif, seperti kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah,
ataupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah
penggunaan kata keterangan atau kata sambung yang berulang-ulang yang
menyebabkan kalimat terasa janggal.
6.
Surat Lamaran
Kontemporer
Mengapa kita tidak
terpikir untuk membuat surat lamaran yang kontemporer, fancy, unik, dan
kreatif. Tentu saja disesuaikan dengan perusahaan yang kita tuju dan bidang
kerja yang dibidik. Bila kita seorang desainer yang ingin melamar menjadi art
director di sebuah agency, buatlah surat lamaran seunik mungkin dengan
mengerahkan segenap kreativitas. Misalnya, berbentuk poster atau bingkai foto.
Semakin unik dan menarik, semakin mudah lamaran tersebut menarik perhatian
penerimanya. Efek unik tersebut dapat juga diangkat dari bentuk kertas ataupun
jenis kertas, misalnya untuk mendapat efek jendela pada surat lamaran, dapat
menggunakan dua jenis kertas, yaitu fancy dan kalkir yang transparan
yang dapat dijadikan “jendelanya”.
Bagaimana cara membuat
surat lamaran ke sektor pekerjaan yang formal, bank, atau lembaga keuangan?
Buatlah dengan gaya klasik. Mungkin dapat dipercantik dengan tulisan tangan
yang klasik, tetapi perhatikan bentuk dan jenis frontnya. Jangan membuat rumit
surat lamaran karena nanti malh disangka memiliki kepribadian yang rumit.
Seunik apa pun surat lamaran, sesuaikan outlinenya dengan alur layout
agar penerima tidak kesulitan membacanya. Pastikan kepala surat berada di
bagian utama dan ditutup dengan penutup surat. Karena ini adalah surat lamaran,
isi suratpun jangan melenceng hingga menjadi surat pribadi. Penggunaan
kata-kata yang hangat dan bersahabat hanya dibatasi pada kepala hingga penutup
surat. Pada isi surat, tetaplah menggunakan bahasa yang formal, efektif, dan
tidak kaku. Misalnya, dengan menceritakan sepintas ketertarikan kita pada
bidang pekerjaan yang dilamar.
Contoh nonpengalaman
Jakarta, 11 Januari 2009
Kepada Yth,
HRD Manager
PT Angin Ribut
Jl. IR. H. Juanda 12
Jakarta Selatan
Dengan hormat,
Bersama ini saya
sampaikan keinginan untuk melar pekerjaan sebagaimana dimaksud dalam iklan
lowongan pekerjaan di harian X tanggal 9 Januari 2009. Pendidikan terakhir saya
di SMA Negeri xxx Jakarta Selatan telah diselesaikan pada tahun 2008. Saya
memiliki kendaraan sendiri (sepeda motor) dan telah mempunyai SIM C dan A.
Walaupun saya
belum mempunyai pengalaman kerja, tetapi saya yakin bahwa saya mempunyai
semangat yang tinggi dan keinginan untuk berprestasi yang cukup besar. Dalam
surat lamaran ini saya lampirkan 1 (Satu) lembar daftar riwayat hidup beserta
ijazah dan surat keterangan lainnya untuk dijadikan bahan pertimbangan
selanjutnya. Besar harapan saya, agar bapak/ibu bersedia meluangkan waktu untuk
wawancara sehingga saua dapat memperkenalkan diri secara lebih baik dan
terperinci.
Atas perhatian
bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
[Nama Lengkap]
Penulisan dalam bentuk
format bahasa Inggris
Jakarta, 11 Januari 2009
Head of Human
Resources
PT Angin Ribut
Dear Sir/Madam,
According to advertise on x
buletins at 9 January 2009, I would like to apply as Telemarketing Staf
Division in your company. I encourage my self to apply on your company because
I know that your company now growth so fast. It attracts me because I believe
that there will be a lot of challenge and opportunity in the future.
I have finished my study from
Diploma Degree Program, Economic and Business Faculty of Gajah Mada University,
Yogyakarta with majoring in Marketing Management. As a fresh graduate, I do not
yet have any professional experience with the post, but I believe if you give
me a chance I will learn fast. I am a person who likes to be involced with
people and organizations. I expect my interest will broaden as I learn more in
your company.
I am willing to come over for
presentation and a test at your convenience. I would be very pleased to discuss
my aplication further with you. I would like to thank you for your concern.
Sincerely yours,
[full name]
10 Februari, 2005
Yth. Kepala Divisi
Pemasaran
PT. Angin Ribut
Jl. Jend. Sudirman
kav.XXX
Jakarta Selatan 12xxx
Dengan hormat,
Saya bermaksud untuk melamar
posisi Marketing di perusahaan Bapak. Saya mempunyai pengalaman yang cukup lama
di dunia marketing. Saya yakin pengalaman saya selama 5 tahun di bidang
pemasaran akan menjadi aset yang berharga untuk perusahaan Bapak.
Dengan pengalaman saya selama
bekerja di perusahaan terdahulu, saya telah berhasil meningkatkan penjualan
produk sebesar 10% hingga 20% pada 10 pasar yang berbeda dengan total penjualan
sebesar Rp 600 milyar dalam waktu 3 tahun. Saya juga telah berhasil membuka 5
pasar baru yang saat ini telah meraih sukses.
Pada curriculum vitae yang
terlampir, bisa dilihat bahwa saya juga berpengalaman dalam bidang pengembangan
produk baru, prosedur lisensi, hingga prosedur ekspor impor. Jika Bapak
berkenan, mohon berikan kesempatan kepada saya untuk menjelaskan potensi diri
saya secara lebih mendalam.
Hormat saya,
[Nama Lengkap]
Penulisan dalam format
bahasa Inggris
Jakarta, Januari 11, 2008
Human Resources
Department
PT Angin Ribut
P.O. BOX 5xx/JKS
Dear Sir,
I know that PT. Angin
Ribut is one of the biggest retail product distributors in Indonesia and I am
sure it would be an excellent career oppoetunity to join and work for this
respective company.
I would like to apply
for Telemarketing posotion in your company. I am in good health, willing to
work, fast learning, and work well with others. I have my own vehicle, driving
license A and C. Also, I have good communication skill and speak English
fluently both oral and written.
I was graduated from
Indonesia University Jakarta, majoring in Marketing Management in December
2005, and have been working for PT. Cipta Pelangi in sales and marketing
department since February 2006. I believe my 2 years experience in this related
field would be useful for me to contribute your company better.
I would greatly
appriciate an opportunity to convince you that my services would be an asset to
your company. I assure you that a high level of efficiency would be applied to
any assignment given to me. I hope my qualifications and experiences merit to
your consideration.
Thank you for kind
attention, and I am looking forward to your replay.
Yours Faithfully,
[Full Name]
No comments:
Post a Comment