Friday, May 25, 2012

Manajemen

manajemen adalah proses perencanaan,mengorganisasikan,memimpin,dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi yang telah ditetapkan. setelah kita ketahui aspek utama manajemen adalah pengaturan,disamping hubungan/kepemimpinan. sedangkan untuk melakukan pengaturan yang baik maka perlu adanya perencanaan,pembagian tugas koordinasi tugas-tugas. jadi perencanaan merupakan aspek yang paling utama dan pertama kali harus dilakukan didalam pengaturan tersebut.
Perencanaan
perencanaan adalah suatu jenis keputusan untuk massa depan yang spesifikasi yang dikehendaki oleh manajer bagi perusahaan atau sebuah organnisasi. perencanaan bisa dikatakan sebuah proses berkesinambungan yang mencerminkan dan menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi dilingkungan sekitar setiap organisasi. perencanaan bukan peristiwa tunggal,dengan awal dan akhir yang jelas.
perencanaan terbagi menjadi 6 tahapan :

  1. hakikat perencanaan
  2. proses perencanaan
  3. bentuk-bentuk perencanaan
  4. proyeksi masa depan
  5. strategi mendirikan dan mengembangkan usaha
  6. perencanaan oprasional perusahaan.
  • hakikat perencanaan, aspek utama dalam manajemen ialah pengaturan,di samping hubungan/kepemimpinan,sedangkan untuk dapat melakukan pengaturan yang baik maka perlu adanya perencanaan. hasil dari perencanaan adalah tentu saja sebuah trencana kerja. tanpa adanya rencana maka tujuan tidak akan dapat tercapai dengan efektif dan efesien. perencanaan merupakan tugas penting dari organisasi. keperluan perencanaan ini terletak pada kenyataan bahwa manusia dapat mengubah masa depan. dalam hal ini perencanaan harus mengandung unsur-unsur yang dapat menjawab kepada 6 pertanyaan yaitu :WHAT,WHY,WHERE,WHEN,WHO dan HOW. seperti a. tindakan apa yg ahrus dilakukan? b. apa sebabnya tindakan itu harus dikerjakan? c.dimana tindakan itu harus dikerjakan? d.kapan rencana tindakan harus dikerjakan? e. siapa yang akan mengerjakan tindakan itu? f. bagaimana cara melaksanakan tindakan itu?.
  • proses perencanaan adalah suatu proses tentang bagaimana suatu kegiatan itu kita rencanakan. adapun proses perencanaan ini secara keseluruhan dapat kita lakukan dengan tiga pendekatan,yaitu (1). pendekatan perkembangan yang menguntungkan (2). pendekatan SWOT/strenght,weaknesss,oppertunity,Treath (c).pendekatan portofolio dan kesenjangan perencanaan.
  • bentuk-bentuk perencanaan,atas dasar luas cakupan masalah serta jangkauan waktu yang terkandung dalam suatu rencana maka rencana dapat dibedakan 3 macam bentuk yaitu: (1). rencana global (Global plan) merupakan penentuan tujuan yang menyeluruh atau keseluruhan dan yang menyangkut jangka panjang dari organisasi tersebut sebagai keseluruhan atau totalitas. (2). rencana strategis (strategis plann) dalam hal ini rencana disusun guna menentukan tujuan-tujuan kegiatan atau tugas-tugas yang mempunyai arti strategi dan mempunyai dimensi jangka yang cukup panjang. (3)rencana operasional (operational Plann) meliputi perencanaan terhadap kegiatan-kegiatan operasional yang berjangka pendek guna menopang pencapaian global maupun perencanaan strategis.
  • proyeksi masa depan, langkah yang paling awal dalm perusahaan adalah mencoba untuk mengetahui pertumbuhan atau perkembangan yang terjadi dalam masyarakat,khususnya terhadap kebutuhannya. beberapa sumber data dapat kita gunakan dalam melakukan analisa permintaan pasar tersebut: (1)pendapat Konsumen (2) pendapat langgana (3) catatan pendapat distributor (4) catatan penjualan dari perusahaan sendiri
  • strategi mendirikan dan mengembangkan usaha,seperti (a) periode pengambilan (b)net present value dari procced (c) portability index atau benefit cost ratio (d) internal rate of return
  • perencanaan operasional perusahaan, dalam menjalankan usaha, hal-hal yang penting untuk diperlukan sebagai pedoman perencanaan operasionalnya terdapat beberapa,diantaranya yang paling penting dan paling sering dipergunakan adalah apa yang sering dikenal dengan methode break open point titik pulang pokok (suatu titik dimana dititik tersebut hasil yang diperoleh dari usaha yang kita jalankan besarnya hnya sama besarnya).

No comments:

Post a Comment