PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Tata ruang kantor adalah pengaturan
perabotan, mesin, dan sebaginya didalam ruangan yang tersedia. Tata ruang
kantor disusun berdasarkan aliran pekerjaan kantor sehingga perencanaan ruangan
kantor dapat membantu para pekerja dalam meningkatkan produktifitas. Selain itu
pengaturan tata ruang kantor yang baik akan memberikan keuntungan-keuntungan.
Dengan
adanya ilmu dan teknologi mengakibatkan penerapan tata ruang kantor ditujukan
untuk meningkatkan produktivitas kerja.
Perkembangan
jaman sekarang ini membuat penerapan tata ruang yang lebih modern. Tata ruang
kantor sangat diperlukan untuk menjamin keefektifan dalam bekerja.
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
tata ruang kantor secara umum?
2.
Bagaimana pedoman dalam
menyusun tata ruang kantor?
3. Azas-azas pokok dalam tata ruang kantor?
4. Bagaimana
langkah-langkah dalam menyusun tata ruang kantor?
5. Macam-macam
tata ruang kantor?
6. Bagaimana
lingkungan dan kondisi fisik tata ruang kantor?
7.
Bagaimana teknik untuk mencapai
suatu tata ruang kantor yang baik?
Tujuan
1. Terpeliharanya Kesehatan dan
kepuasaan bekerja para pegawai
2. Memudahkan dalam melakukan
pengawasan kerja
3. Seluruh ruang dipergunakan secara
efesien untuk keperluan pekerjaan
4. Menciptakan
kenyamanan bekerja
5. Meningkakan kualitas dalam bekerja
Manfaat
Memahami tata ruang kantor sebagai
salah satu penunjang keberhasilan suatu kantor maka akan tercitanya ruangan
yang tertata rapih, indah dan nyaman.
BAB II
PEMBAHSAN
TATA
RUANG KANTOR SECARA UMUM
Ada
beberapa ahli yang mendefinisikan tata ruang kantor diantaranya, sebagai
berikut :
- Menurut George Terry yang
disadur pula oleh The Liang Gie menyatakan “Tata ruang kantor adalah
penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan dalam penggunaan ruang secara terperinci
dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari
faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran
dengan biaya yang layak” (1988:200).
- Menurut Littlefield dan
Peterson menyatakan “Tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan
perabotan dan alt perlengkapan pada luas lantai yang tersedia” (1956:117).
Dengan
kata lain, arti tata ruang kantor dapat pula dikatakan sebagai pengaturan dan
penyusunan seluruh mesin kantor, alat perlengkapan kantor serta perabot kantor
pada tempat yang tepat, sehingga pegawai dapat bekerja dengan baik, nyaman,
leluasa dan bebas untuk bergerak, sehingga tercapai efisiensi kerja.
PEDOMAN DALAM MENYUSUN
TATA RUANG KANTOR
Sebelum
melaksanakan tata ruang kantor terlebih dahulu mengetahui pedomannya yaitu :
1.
Pekerjaan dikantor dalam proses pelaksanaan
dapat menempuh jalan terpendek.
2.
Rangkaian aktivitas tata usaha dapat
mengalir secar lancar
3.
Segenap ruang dipergunakan secara efisien
4.
Pengawasan terhadap pekerjaan dapat berlangsung
dengan baik
5.
Pihak luar yang datang ke kantor tersebut
mendapat kesan yang baik tentang kantor tersebut
6.
Susunan tempat kerja dapat diubah sewaktu-waktu
diperlukan
AZAS-AZAS
POKOK TATA RUANG KANTOR
1.
Azas jarak terpendek
Yaitu
jarak antara titik dalam garis lurus
2.
Azas rangkain kerja :
Yaitu
penempatan para pegawai dan alat-alat kantor menurut rangkaian yang sejalan
dengan urutan-urutan penyelesaian pekerjaan
3.
Azas penggunaan segenap
ruang
Yaitu
tidak adanya ruang yang tidak terpakai, tidak hanya yang berupa luas lantai,
tetapi juga vertikal keatas dan kebawah
4.
Azas perubahan susunan
tempat kerja
Yaitu
adanya perubahan dengan mudah apabila diperlukan
Contoh:
a. Perubahan
proses kerja/prosedur kerja
b. Penemuan
teknologi baru
LANGKAH-LANGKAH
DALAM MENYUSUN TATA RUANG
Sebelum
dimulai membuat konsep menyusun tata ruang, maka terlebih dahulu perlu
diketahui langkah-langkah menyusun tata ruang antara lain :
1. Mengetahui
hubungan satuan yang melaksanakan tata usaha dengan satuan-satuan kerja lainnya
2. Mengetahui
sifat pekerjaan dan mempelajari segenap pekerjaan
3. Membuat
gambar denah ruangan dengan memakai skala, cantumkan panjang dan lebar ruangan
yang bersangkutan, serta beri tanda, tempa pintu, jendela dan lainnya
4. Susun
letak meja, kursi pegawai dan perabot lainnya, gunakan kertas warna-warni
dengan ukuran tertentu, serta beri nomor kode masing-masing.
5. Menyusun
denah konsep tata ruang, dengan memperhitungkan kemungkinan perubahan yang
disebabkan oleh :
a. Penambahan
atau pengurangan pegawai
b. Penambahan
atau penggantian alat kerja
c. Perubahan
atau penyelesaian prosedur kerja
d. Perubahan
atau pengembangan struktur organisasi
e. Penambahan
atau pengurangan pekerjaan
MACAM-MACAM
TATA RUANG KANTOR
Pada dasarnya, dikenal adanya 4
macam tata ruang kantor, yaitu :
1. Tata
ruang kantor berkamar
yaitu susunan ruangan untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa
satuan yang dibagi-bagi karena keadaan gedung yang terdiri atas kamar-kamar
2. Tata
ruang kantor terbuka
yaitu ruangan kerja yang dipisah-pisahkan tetapi semua
aktivitasnya dilaksanakan pada satu ruang besar terbuka.
3. Tata
ruang kantor berhias
yaitu ruangan kerja yang dihiasi oleh
taman, dekorasi dan lainnya. Benuk ruangan kantor berhias ini mengusahakan agar
lingkungan ruangan perkantoran nampak seperti pemandangan alam terbuka dan
benar-benar merupakan lingkungan yang nyaman, menyenangkan dan ekonomis dalam
pemanfaatan ruangan.
4. Tata
ruang kantor
yang merupakan gabungan antara bentuk tata
ruang kantor berkamar, tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor berhias
LINGKUNGAN
DAN KONDISI FISIK TATA RUANG PERKANTORAN
Yang termasuk lingkungan fisik
didalam tata ruang perkantoran antara lain adalah sebagai berikut :
1. Penerangan
atau cahaya
Penerangan atau cahaya yang cukup dan baik, sehingga pegawai
dapat melihat dengan cepat, mudah, dan senang, Dengan penerangan yang baik,
akan dapat meningkatkan hasil pekerjaan; dan, mengurangi kesalahan-kesalahan
dan kelelahan, serta meningkatkan prestise kantor.
2. Tata
warna
Warna tidak hanya untuk mempercantik ruang kerja, tetapi
juga juga perlu diperhatikan faktor keindahan dan psikologis dari warna
tersebut.
Pilihan warna untuk kantor, disamping dapat memberikan
kindahan, juga dapat mempengaruhi hasil kerja pegawai, karena warna dapat
mempengaruhi perasaan, pengertian, dan pikiran seseorang.
3. Ventilasi
Pegawai
akan sulit bekerja dengan baik, senang dan efisien apabila mereka bekerja
diruangan yang pengaturan ventilasinya tidak baik, maka dari itu diusahakan
adanya ventilasi yang cukup yang dapat membantu pertukaran udara dengan lancar
sehingga para pegawai dapat memperoleh udara segar dan nyaman.
4. Dekorasi
Dekorasi tidak hanya
hiasan ruangan kerja melainkan cara mengatur letaknya, susunan dan tata warna
perlengkapan yang akan dipasang.
5. Suara
bising
Suara yang bising dapat berpengaruh terhadap konsentrasi
pegawai, menyebabkan timbulnya kesalahan dalam pekerjaan, mengganggu
komunikasi, dan sebagainya.
6. Musik
Musik yang bernada
lembut dapat membangkitkan dan merangsang semangat kerja. Oleh karena itu
lagu-lagu dapat dipilih untuk dikumandangkan ditempat kerja, karena jika salah
memilih musik akan mengganggu konsentrasi saat bekerja.
7. Keamanan
Faktor keamanan harus
benar-benar diperhaikan dalam merencanakan tata ruang kantor.
TEKNIK UNTUK MENCAPAI
SUATU TATA RUANG KANTOR YANG BAIK
1.
Meja-meja disusun menurut garis lurus dan
menghadap ke jurusan yang sama.
2.
Pada tata ruang yang terbuka susunan meja-meja
itu dapat terdiri atas beberapa baris
3.
Diantara baris-baris meja disediakan
lorong-lorong untuk keperluan lalu lintas pegawai yang biasanya berjarak 120 cm
4.
jarak antara satu meja dengan meja yang dimuka /
dibelakang selebar 80 cm
5.
pengawas kantor ditempatkan dibelakang para
pegawainya.
PENUTUP
KESIMPULAN
Tata
ruang kantor merupakan penentuan dan pengaturan peralatan kantor secara
terperinci da efisien. Apabila suatu kantor sudah menerapkan tata ruang yang
baik maka kondisi kantor pun akan terlihat nyaman, indah dan bersih. Tata ruang
yang baik pun akan meningkatkan kinerja pegawai yang baik karena situasi dan
kondisi yang mendukung akan menaikan semangat kerja pegawai yang berakhir
dengan hasil kerja, sehingga dalam menata kantor harus memperhatikan
komponen-komponen yang dapat mempengaruhi kinerja dan hasil yang akan dicapai.
SARAN
Akademik
Untuk memperoleh
suasana nyaman dan indah disuatu kantor lebih baik harus melakukan penataan dan
pengaturan tata ruang kantor yang baik pula.
Pembaca
Kepada pembaca
diharapkan setelah membaca karya ilmiah ini dapat menambah wawasan tentang tata
ruang kantor dan diharapkan bisa menjadi pedoman untuk mempraktekannya kelak.
Running
notes
Menurut
George Terry(1988:200). “Tata ruang kantor adalah penentuan mengenai
kebutuhan-kebutuhan dalam penggunaan ruang secara terperinci dari ruang ini
untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang
dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak”.
DAFTAR PUSTAKA
Rahman,
Kurnia, Perpajakan, Bandung 2011
DR.
Sedarmayanti, M.Pd., Dasar-Dasar
Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran, Bandung 2001
thanks ya infonya blog lucu banget
ReplyDeletesama-sama :)
ReplyDelete